ANALISIS APLIKASI MOBILE GIS PENDIDIKAN FORMAL MENGGUNAKAN GEOLOCATION DAN HAVERSINE DI KOTA SEMARANG
Tidak Tersedia Deskripsi
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
125/PD/2014
Penerbit
:
.,
2014
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
004
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Pada penelitian ini bermaksud melakukan Analisis Aplikasi Mobile GIS Pendidikan Formal Menggunakan Geolocation Dan Haversine Di Kota Semarang. Kota Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah, memiliki sarana pendidikan formal yang sering dicari oleh masyarakat. Namun karena kurangnya informasi mengenai keberadaan lokasi pendidikan formal tersebut maka masyarakat banyak mengalami kesulitan untuk mencari lokasinya. Hasil analisis ini sebagai dasar dalam pengembangan aplikasi informasi bagi masyarakat yang membutuhkan petunjuk jalan ke lokasi pendidikan formal beserta rute dan jarak secara real time. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Formula Haversine dan geolocation, metode ini digunakan untuk menghitung jarak menuju lokasi dan arahnya. Model analisis sistem menggunakan Use Case Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, dan kamus data. Hasil analisis akan memudahkan bagi peneliti untuk memahami sistem yang akan dikembangkan. Dengan hasil analisis ini diharapkan pengembangan aplikasi pada tahapan desain fisik & implementasinya lebih terarah dan pada akhirnya akan terwujud aplikasi yang dapat memberikan kemudahan, kecepatan, dan ketepatan sampai tahap perawatan aplikasi.
Kata Kunci : analisis, pendidikan formal, android, geolocation, haversine, mobile gis